Home Kegiatan Novel Buku Lukisan Fotografi Film Video Artikel Links
Home Events Novels Books Paintings Photography Films Videos Articles Links


 


PRESS RELEASE

Film Penyuluhan tentang Lupus memperoleh
Penghargaan International ke-6


(14-08-2013) Sebagai bagian dari sosialisasi bahaya laten Lupus, Yayasan Lupus Indonesia (YLI) memilih media film sebagai medium yang dianggap efektif. Sehingga bekerjasama dengan Produser dan Sutradara Damien Dematra, dibuatlah film yang diberi judul, L4 Lupus atau Love for Lupus pada tahun 2011. Film ini sendiri telah diputar di bioskop Indonesia dan hingga kini terus diputar di berbagai belahan dunia dan mengikuti berbagai festival film international.

Baru-baru ini melalui surat resminya yang diterima YLI beberapa hari yang lalu, Accolade Competition yang berlokasi di California, USA, memberikan penghargaan Award of Merit Feature Film Terbaik bagi film L4 Lupus. Menurut Thomas Baker, Ph.D., Direktur Accolade Competition, film L4 Lupus telah melewati penjurian yang sangat ketat dan film ini dinilai memiliki kemampuan artistik dan kreatifitas yang luar biasa. Accolade Competition adalah kompetisi film bergengsi yang sudah berlangsung sejak tahun 2003 dan dipilih oleh majalah Moviemaker sebagai “The Top 25 Festivals worth the Entry Fee”.

Film L4 Lupus ini dibintangi oleh Virda Anggraini, Ayu Azhari, Natasha Dematra, Anna Tarigan dan Lucky Moniaga. L4 Lupus bercerita tentang Atikah (Virda Anggraini), seorang dokter muda yang manis, tulus, periang, dan super sibuk. Ia hidup bahagia dengan Mutiara (Natasha Dematra), adik semata wayangnya yang penderita lupus. Sehari-hari Atikah mengabdikan ilmu medisnya di sebuah Unit Gawat Darurat yang dipimpin dr Cakrawati (Ayu Azhari).

Atikah, yang juga odapus (orang dengan lupus), berusaha merawat dan menyenangkan adiknya. Namun, sakit adiknya bertambah parah sampai ia tiba di pinggir jurang kehidupan. Atikah berhenti berjuang sampai Adam, dokter muda, datang dalam kehidupannya.

Sebelumnya film ini telah memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia (Muri), Royal World Records, 2 penghargaan dari AIFF Festival untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk Damien Dematra, dan Award of Excellence dari Los Angeles Movie Awards.

"Penghargaan ini terasa teramat spesial untuk para Odapus  (Orang Hidup dengan Lupus). Diharapkan dalam waktu dekat, akan diadakan kembali roadshow pemutaran film L4 Lupus di berbagai daerah di Indonesia sebagai bagian dari sosialisasi Yayasan Lupus Indonesia," ungkap Ketua Yayasan Lupus Indonesia Tiara Savitri mengenai kemenangan ini

Click pada gambar untuk mendapat hi-res

 

Komentar para tokoh              Foto-Foto Shooting                HOME