Home Kegiatan Novel Buku Lukisan Fotografi Film Video Artikel Links
Home Events Novels Books Paintings Photography Films Videos Articles Links


PRESS RELEASE
2 Film Indonesia Raih Penghargaan Bergengsi di
California Film Awards

(Jakarta, 29-01-2015) California Film Awards (CFA) baru-baru ini mengumumkan film-film pemenangnya dengan 2 film Indonesia berhasil menyabet penghargaan bergengsi Gold Award. Film I'M Star yang bertarung di kategori Feature Narrative berhasil mengalahkan ratusan film dari mancanegara. Film arahan sutradara Damien Dematra ini sejak dipilih di Film Festival APEC dan ditampilkan di hadapan petinggi-petinggi manca negara di Bali telah melanglang buana dan meraih puluhan penghargaan international, termasuk Film Terbaik di Colorado Film Festival.

Adapun film Let's Play, Ghost yang berlomba di kategori film asing juga berhasil meraih penghargaan Piala Emas setelah bersaing dengan puluhan film asing lainnya. Film horor Indonesia yang sama sekali tidak menggunakan resep "paha dan dada" ini sebelumnya telah meraih berbagai penghargaan internasional termasuk sebagai film cerita terbaik dari Alaska International Festival.

Menurut James Nicholas, Direktur Eksekutif CFA, kedua film Indonesia ini memang layak menang karena menunjukan kekuatan yang luar biasa baik dari segi estetika, dari sisi kritik film maupun dari sisi entertainmen dalam dunia film kontemporer.

Sejak 2013, kedua film Indonesia tersebut telah malang-melintang di berbagai festival film international; diantaranya Madrid International Film Festival, Barcelona International Film Festival, London International Film Festival, Oregon International Film Festival, Accolade Global Competition, dll, dan telah mengharumkan nama bangsa dan negara di berbagai benua. Sayangnya, film Let's Play, Ghost sendiri hingga kini belum juga ditayangkan di bioskop Indonesia tanpa alasan yang jelas. Nampaknya kehadiran Badan Ekonomi Kreatif yang baru dibentuk dan dipimpin oleh Triawan Munaf akan segera diuji. Apakah benar industri kreatif khususnya film Indonesia akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri atau ini hanya sekedar slogan kampanye belaka. Kondisi film Indonesia yang tidak mendapatkan piring makanan di rumahnya sendiri seharusnya menjadi tamparan untuk kita semua dan ironi ini mengurangi makna dari deretan kemenangan-kemenangan tersebut.


SINOPSIS I'M STAR
 

Kehidupan Mella (Natasha Dematra), Ketua OSIS SMA yang gaul dan populer, yang mendadak berubah drastis ketika sekolahnya kedatangan murid-murid berkebutuhan khusus (diperankan langsung oleh anak-anak penyandang autis Arya, Abhy, Shinta, dan Ervitha). Mella mulai dihantui kenangan tentang adiknya yang diduga autis, yang meninggal dalam kecelakaan mobil, dan ia menjadi dekat dengan para remaja berkebutuhan khusus tersebut.

Kehadiran para remaja autis membuat canggung para guru yang tidak memiliki banyak pilihan karena adanya Peraturan Menteri, dan juga teman-teman Mella. Mama Mella (
Anna Tarigan) dan papanya yang biasa hidup dalam rasa apatis pun menentang keras apa yang dilakukannya. Mella pun akhirnya berjuang sendiri membela apa yang dianggap masyarakat sebagai komunitas yang hidup dalam dunia mereka sendiri.

Karena sulit menunjukkan perasaan, para remaja berkebutuhan khusus pun berekspresi melalui musik. Melalui grup band yang dinamakan IíM STAR, dengan bantuan Mella, mereka pun menyatakan diri untuk satu tujuan yang sangat mendasar: sebuah penerimaan.

Berhasilkah para sahabat baru Mella? Akankah akhirnya Mella hanya berjuang sendirian? Sesulit itukah kita menerima mereka yang berbeda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas, saksikanlah film yang ditunggu-tunggu ini.
 

SINOPSIS Let's Play, Ghost

Let's Play, Ghost berkisah tentang kisah lima sahabat remaja Natasha (Natasha Dematra) si pemberani, Diana (Aditya Antika) si pesolek, Davina (Vina Yunita) si lugu, Kathy (Pagitta Ross) si penyair gagal, dan Rhonda (Herdi Bagus) si waria sableng yang berlibur ke sebuah vila terpencil di Puncak berdasarkan iklan internet. Mereka tidak tahu, bahwa di tempat itu sebelumnya pernah terjadi serentetan kematian misterius.

Sejak awal kedatangan, mereka disambut dengan sikap memusuhi dari para pembantu. Kathy berhasil mengetahui cerita legenda dari seorang pembantu yang diam-diam naksir padanya. "Sesuatu yang jahat" akan muncul bila ada yang menyebutkan kalimat, "Let's play!" sebanyak lima kali. Tidak percaya pada mitos ini, saat bermain Truth or Dare, para remaja menantang Rhonda untuk menyebut kalimat itu.
Sang hantu (Kayla Atilla) terusik dan ia mulai mengajak main seluruh penghuni yang datang, satu demi satu. Dan ia tidak ingin selesai bermain sampai semuanya ajal!

Siapa-siapa sajakah yang berhasil selamat dari teror maut sang hantu? Di atas itu semua apakah sebenarnya yang dituntut sang hantu di balik terornya? Semuanya baru terungkap pada surprise ending yang justru mengharu-biru!
 

Download poster IíM STAR (hi-res)

Tonton trailer Let's Play, Ghost

Download poster Let's Play, Ghost

HOME