Home Kegiatan Novel Buku Lukisan Fotografi Film Video Artikel Links

PRESS RELEASE
Film “From Seoul To Jakarta” Raih 6 Nominasi di Perancis

 (Jakarta, 27/04) Film From Seoul To Jakarta meraih 6 nominasi di St. Tropez International Film Festival, Perancis. Festival yang berlangsung bersamaan dengan Cannes Film Festival ini akan dimulai pada tanggal 10 Mei 2015 dengan pemutaran film-film nominasi dan Official Selection. Festival film ini akan berakhir tanggal 16 Mei 2015 dengan acara International Red Carpet Award Ceremony yang akan dihadiri para sineas dan selebriti dari manca negara.
Nominasi yang diraih oleh film kolaborasi Indonesia, Korea Selatan dan Amerika Serikat ini adalah sebagai berikut:
 

1. Kategori Peran Pembantu Wanita Terbaik: Erna Santoso
2. Kategori Peran Utama Wanita Terbaik: Natasha Dematra
3. Kategori Peran Utama Pria Terbaik: Roman D Man
4. Kategori Penulis Skenario Terbaik: Damien Dematra dan Ilchi Lee
5. Kategori Sutradara Terbaik: Damien Dematra
6. Kategori Film Terbaik: Damien Dematra, Ilchi Lee dan Irene Christina

Menurut Carl Tooney, Presiden Festival ini, film From Seoul To Jakarta telah menunjukkan kualitas yang luar biasa, dan karenanya terpilih menjadi salah satu film yang meraih nominasi terbanyak di antara peserta lainnya. Hal ini membanggakan dan menunjukkan kualitas akting dan filmm
aking sineas Indonesia dapat disejajarkan dengan sineas-sineas top internasional. Uniknya, film ini tetap memilih mempergunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar walaupun akan diputar di mancanegara.


Di sela-sela festival ini juga pada tanggal 14 Mei pukul 19.00 waktu Perancis akan dilakukan World Premiere atau pemutaran perdana film From Seoul To Jakarta di tingkat dunia. Acara ini akan dilaksanakan di Westminster Nice, salah
satu tempat bersejarah yang paling mewakili kebudayaan Perancis Selatan di wilayah French Riviera. Banyak sineas, buyer dan distibutor film yang juga mengikuti Cannes Film Festival telah memastikan akan menghadiri World Premiere tersebut. Damien Dematra, sang sutradara yang merangkap sebagai produser, berharap film ini dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah perfilman tingkat dunia dan agar film Indonesia meskipun kurang dihargai di negeri sendiri dapat diakui dan diapresiasi setingi-tingginya oleh negara-negara maju lainnya. 2 perwakilan film ini dari AS dan Korea Selatan telah memastikan akan menghadiri malam penghargaan tersebut, sedangkan dari pihak Indonesia sedang diupayakan agar dapat hadir dan berharap ada dukungan langsung dari pemerintah.


Sementara itu aktris muda Indonesia Natasha Dematra yang sudah memenangkan banyak penghargaan International, merasa terharu dengan nominasi yang diperolehnya. Hal ini karena kerja keras dan tuntutan skenario yang begitu sulit di film ini, dimana dia harus sanggup menjadi penyanyi, dancer ala K-Pop, berperan antagonis sekaligus protagonis di saat bersamaan, telah dihargai setinggi-tingginya oleh para juri dari mancanegara. Sedangkan artis senior Erna Santoso merasa bangga, karena nominasi ini telah membuat namanya tercatat resmi di IMDB, sebuah organisasi internasional database film terbesar, sebagai peraih nominasi sebuah festival film berskala internasional, hal yang sebelumnya sangat jarang terjadi. Erna menambahkan riset yang mendalam tentang budaya orang Korea adalah kunci hingga dirinya sanggup memainkan peran sebagai Ho-Sook dengan baik, setidaknya dimata para juri.


Menurut Sekjen Dewan Kreatif Rakyat (DKR) Dedeh Kurniasih, DKR mendukung penuh film ini karena sejak awal film ini dibuat untuk menyejajarkan Industri kreatif Indonesia ke tingkat internasional terutama dengan pihak Korea Selatan yang sangat mendunia dengan budaya K-Pop-nya. Sebelumnya, film yang juga didukung penuh oleh Universitas Mercu Buana dan iHebat ini telah meraih penghargaan Award of Merit untuk kategori pemeran utama wanita terbaik untuk Natasha Dematra dan untuk kategori sinematografi terbaik untuk Damien Dematra di Accolade Global Competition di California, AS.

 

Lihat OST. From Seoul To Jakarta: Lantunan Romeo dan Juliet, REAL, Song for a Friend

Berita terkait:

From Seoul To Jakarta, Film Kolaborasi Indonesia- Korea Selatan Raih 3 Penghargaan di AS