Profil Kegiatan Novel Buku Lukisan Fotografi Film Video Artikel Links

Damien Dematra Rangkul Artis Top Indonesia Peduli untuk Sinabung

Pada hari Minggu (15/9) Gunung Sinabung di Kabupaten Karo meletus dan memuntahkan abu vulkanik yang diiringi suara gemuruh. Dua hari kemudian (Kamis, 17/9), letusan kedua terjadi, mengeluarkan abu vulkanik yang lebih tebal. Para penduduk sekitar yang ketakutan segera mencari tempat untuk mengungsi. Di antara mereka ada ratusan anak-anak, yang semakin hari makin rentan terhadap penyakit. Penyakit yang mulai terjadi di pengungsian adalah demam, batuk, sesak napas, dan infeksi saluran pernapasan diakibatkan udara yang bercampur abu, disamping harus bertahan melawan dingin malam di bawah tenda-tenda pengungsian. Bantuan yang cepat dan tepat sangat diharapkan untuk membantu para pengungsi.

Jumlah pengungsi diperkirakan hampir mencapai 4800 orang. Mereka tersebar di delapan lokasi penampungan di Jambur Semakata Jl. Jamin Ginting, Klasis GBKP, GBKP Kota, Masjid Agung Jl. Veteran, dan di Sentrum Jl. Nabung Surbakti, Gereja Katolik Jl. Irian, Kecamatan Berastagi, dan Kecamatan Payung.

Gagasan Konferensi Pers (25/9) yang dilakukan di Russian Culture Centre, Jl. Diponegoro ini dimulai dengan kontak Ibu Erna Santoso (Ketua Yayasan Peduli Anak Indonesia) sebagai inisiator project Program Mental dan Trauma - Peduli Sinabung pada Damien Dematra, founder dan director International Film Festival for Peace, Inspiration, and Equality (IFFPIE). IFFPIE sendiri saat ini sedang melangsungkan acara program Film Festival yang akan berakhir tanggal 30 Oktober 2013.

Damien Dematra sebagai penulis, menyumbang 1000 buku-buku inspiratif untuk anak-anak yang berada dalam kamp-kamp pengungsian. Merasa tidak cukup dengan hanya menyumbang buku, Damien Dematra bersama Ibu Erna Santoso memutuskan untuk menggalang dukungan para artis dan tokoh-tokoh masyarakat untuk peduli terhadap korban meletusnya Gunung Sinabung yang masih berada di kamp-kamp pengungsian. Untuk itulah, maka Konferensi Pers ini diadakan, yaitu dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap sesama yang membutuhkan (dalam hal ini para pengungsi meletusnya Gunung Sinabung) dan membuka kesempatan pada seluas-luasnya masyarakat Indonesia untuk dapat ikut berpartisipasi pada korban dan para pengungsi di Tanah Karo, Sumatera Utara.

Direncanakan pada tanggal 28 September 10 Oktober 2013, tim yang terdiri dari 8 (delapan) orang yang dipimpin langsung oleh artis senior Erna Santoso, akan datang langsung ke lokasi pengungsian dan memberikan bantuan dalam bentuk obat-obatan, selimut, buku, selimut, tas sekolah,buku tulis, susu, dan healing property seperti toa dan sound system, dan buku-buku inspiratif untuk menghibur para pengungsi.

Hadir dalam Konferensi Pers yang diadakan di Russian Culture Center ini adalah: Dorce Gamalama, Erna Santoso, Dewi Perssik, Angel Elga, Anna Tarigan, Waty Siregar, George Taka, Natasha Dematra, Ardina Rasti, dan Damien Dematra.

HOME