Home Kegiatan Novel Buku Lukisan Fotografi Film Video Artikel Links
Home Events Novels Books Paintings Photography Films Videos Articles Links


Press Release #9

Damien Dematra Samai Raihan Steven Spielberg
di American Movie Awards

(Jakarta, 8/5) Sutradara Indonesia Damien Dematra meraih pencapaian yang luar biasa dalam sepak terjangnya sebagai sutradara film ketika American Movie Awards yang berdiri sejak tahun 1980 memilih dia sebagai Sutradara Terbaik 2015 lewat film Let's Play, Ghost.

Pretasi ini terasa sangat spesial mengingat di tahun 1982 Steven Spielberg lewat film Raiders of the Lost Ark meraih predikat Sutradara Terbaik di American Movie Awards juga. Bagi seorang Damien, hal ini terasa berbeda karena sutradara yang menginspirasi Damien untuk terjun ke dunia film adalah sutradara kenamaan Hollywood tersebut.

Nama-nama besar Hollywood seperti Meryl Streep (The Deer Hunter), Jane Fonda, Burt Reynolds, Clint Eastwood, Robert Duvall, Henry Fonda (On Golden Pond), Katharine Hepburn (On Golden Pond), Sally Field dan Warren Beatty pernah meraih penghargaan di ajang bergengsi ini. Damien menjadi orang Asia pertama yang berhasil meraih prestasi ini.

Bagi Damien, kemenangan di AS ini adalah bukti bahwa siapa saja dapat menjadi sutradara film asalkan mau berusaha dan belajar dari kesalahan-kesalahannya. Damien sendiri belajar film secara otodidak lewat buku-buku dan bermodalkan langsung praktik. Berani berbuat salah dan belajar dari kesalahan itu adalah sekolah film terbaik menurutnya. Hal itu terinspirasi oleh pernyataan Steven Spielberg bahwa sekolah film yang terbaik adalah film pertama kita.

Ironisnya, film Let's Play, Ghost yang sudah malang melintang di berbagai festival Internasional sejak tahun 2013 dan telah memenangkan puluhan penghargaan kurang memperoleh tempat yang layak di negerinya sendiri. Film yang sempat masuk di daftar coming soon dan posternya telah dipasang di berbagai bioskop pada tahun 2013 entah mengapa bisa disalip oleh banyak film lainnya tanpa alasan yang jelas hingga kini. Ini menjadi salah satu bukti carut-marutnya dunia perfilman di tanah air, di mana film Indonesia tidak bisa menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

Impian Damien kedepannya adalah menularkan ilmu "Bejari"nya atau belajar sendiri ke generasi muda yang ada di desa-desa, lewat kerjasama dengan Karang Taruna, dan organisasi kepemudaan lainnya. Dia berharap akan lahir generasi emas sineas Indonesia yang berasal dari desa-desa terpencil.

Sebelumnya Let's Play, Ghost telah memenangkan berbagai penghargaan international. Dimulai dari festival film Indie di La Jolla, California, Amerika Serikat, bulan November 2013 yang memberi 5 (lima) penghargaan sekaligus: Award of Excellence sebagai Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik untuk Damien Dematra dan Pemeran Utama terbaik untuk Natasha Dematra. Disamping itu film ini diganjar 2 (dua) Award of Merit untuk kategori Cinematography (Damien Dematra) dan Editing (Irene Christina dan Virda Anggraini).

Pada bulan berikutnya, Letís Play, Ghost menerima Gold Reel Award 2013 dalam kategori Film Cerita Panjang dari Nevada International Film Festival yang berpusat di Las Vegas, Amerika Serikat.

Pada bulan Februari 2014, Madrid International Film Festival, Spanyol, memilih Letís Play, Ghost dalam 5 (lima) kategori utama, masing-masing untuk kategori Best Film, Best Director (untuk Damien Dematra), Best Producer of a Feature Film (bagi Damien Dematra), Best Feature Film, dan Best Supporting Actress (untuk Kayla Atilla).

Mei 2014, St. Tropez International Film Festival yang diadakan di kota wisata Nice, Perancis Selatan menganugerahkan Best Directing of a Foreign Language Feature Film untuk Sutradara Damien Dematra, Best Foreign Language Film, Best Director of a Foreign Language Film untuk Sutradara Damien Dematra.

Di bulan yang sama, empat penghargaan kembali diberikan. Kali ini giliran negeri Paman Sam. Accolade Competition, San Diego, California, Amerika Serikat mendaulat Damien Dematra sebagai sutradara terbaik peraih penghargaan Award of Excellence. Di samping itu, Letís Play, Ghost juga meraih Award of Merit untuk kategori film panjang, Natasha Dematra sebagai pemeran utama, dan Irene Christina dan Virda Anggraini sebagai editor.

Agustus 2014, Alaska International Film Awards, Alaska, USA, mendaulat Let's Play, Ghost sebagai Film Cerita Terbaik (Best Narrative Feature). Oregon International Film Awards, Oregon, USA, memberi penghargaan Platinum Award dalam kompetisi Film Cerita Panjang pada November 2014.

Gold Award diraih Let's Play, Ghost dalam kategori Foreign Film Competition dari California Film Awards. Barcelona International Film Festival memberikan Gold Lion Award bagi film ini. Colorado Film Festival, AS memenangkan Let's Play, Ghost sebagai Best Foreign Film, dan di tahun 2015, Let's Play, Ghost mendapatkan Rising Star Award dari Canada International Film Festival dalam kategori Foreign Film Competition; dan masih banyak lagi.
 

Tonton trailer

Download poster

Rilis terkait:

- Film Horor Indonesia Tersisih di Negeri Sendiri dan Berjaya di Luar Negeri

-  Film Indonesia Raih Penghargaan Film Cerita Terbaik di Alaska, USA

- Sutradara Indonesia Raih Penghargaan Terbaik di AS

- Film Horor Indonesia Berjaya di Perancis

- Film Indonesia, Let's Play, Ghost Raih 5 Nominasi di Madrid International Film Festival, Termasuk Film Terbaik

- Film Indonesia Raih Gold Reel Award di Las Vegas

- Damien Dematra Gandeng Dorce Gamalama Garap Film Horor Dorce Vs Hantu

- Foto Syukuran Film Let's Play, Ghost Mendapat Penghargaan di AS

- Film Horor Indonesia Let's Play, Ghost! Dianugerahi 5 Penghargaan di AS

- Dorce Gamalama jadi Produser film Let's Play, Ghost Segera Rilis di Bioskop!