Home Kegiatan Novel Buku Lukisan Fotografi Film Video Artikel Links
Home Events Novels Books Paintings Photography Films Videos Articles Links


Press Release #8

Film Horor Indonesia Tersisih di Negeri Sendiri
dan Berjaya di Luar Negeri

(Jakarta, 24/11) Tragis memang, film horor yang tidak mengandalkan paha dan dada ini tersisih di dalam negeri, namun berjaya di luar negeri dan mengharumkan nama Indonesia di kancah festival film internasional. Baru-baru ini, film layar lebar Letís Play, Ghost meraih penghargaan Platinum Award dari Oregon International Film Awards, Oregon, USA, dalam kompetisi Film Cerita Panjang. Film layar lebar ini merupakan salah satu karya sineas Damien Dematra, yang belum lama ini juga memperoleh penghargaan The Gold Lion Awards dari Barcelona Film Festival, Barcelona, Spanyol.

Kemenangan ini adalah satu yang mengikuti deretan kemenangan yang pernah diraih film ini di kancah internasional. Sayangnya, film yang telah rampung sejak akhir tahun 2012 ini tidak juga mendapat jam tayang di negeri sendiri karena ketidakjelasan sistem tata edar perfilman Indonesia. Apakah penantian panjang penayangan film ini akan berakhir? Hanya kenyataan yang akan menjawabnya. Apakah Pemerintah Presiden Jokowi peduli dengan semerawutnya kondisi perfilman Indonesia? Hanya waktu yang akan membuktikannya.

Oregon International Film Awards (OIFA) terletak di Oregon, USA dan merupakan festival bergengsi yang diikuti ratusan sineas dari manca negara. Film Let's Play, Ghost yang merupakan debut Dorce Gamalama sebagai Executive Producer dinilai OIFA sebagai sebuah film yang unik dan telah diproduksi dengan teknik yang diakui internasional sehingga mampu bersaing dengan ratusan film lain yang turut dalam ajang kompetisi tersebut.

Daftar panjang kemenangan telah diraih film horor ini di luar negeri pada tahun ini, di antaranya: Best Narrative Feature dari Alaska International Film Awards, USA; Best Foreign Film dari Colorado Film Festival, USA; tiga Bronze Awards dari International Independent Film Awards untuk kategori directing (Damien Dematra), leading actress (Natasha Dematra), dan Narrative Feature; Award of Excellence dari Accolade Competition, San Diego, California, Amerika Serikat untuk penyutradaraan (Damien Dematra), Award of Merit dari ajang kompetisi yang sama dalam kategori narrative feature, leading actress (Natasha Dematra), dan editor (Irene Christina dan Virda Anggraini). Film Let's Play, Ghost juga menjadi nominasi Best Directing of a Foreign Language Feature Film dan Best Foreign Language dari St. Tropez International Film Festival, Perancis untuk kategori penyutradaraan (Damien Dematra). Film ini juga didapuk sebagai unggulan oleh Madrid International Film Festival, Spanyol sebagai Best Film, Best Director (Damien Dematra), Best Producer (Damien Dematra), Best Feature Film, dan Best Supporting Actress (Kayla Atilla sebagai peran hantu).

Deretan panjang kemenangan ini mengikuti daftar perolehan kemenangan di tahun 2013 silam, di mana Let's Play, Ghost berhasil meraih Gold Reel Award dari Nevada International Film Festival, Las Vegas, Amerika Serikat dalam kategori feature film; dan menggondol lima penghargaan sekaligus dari The Indie Fest Film Awards, yaitu: penghargaan Award of Excellence dalam kategori film cerita panjang terbaik, sutradara terbaik (Damien Dematra), dan pemeran utama terbaik (Natasha Dematra), dan penghargaan Award of Merit dari festival yang sama dalam kategori cinematography (Damien Dematra) dan editing (Irene Christina dan Virda Anggraini).

Let's Play, Ghost berkisah tentang lima sekawan yang menghabiskan liburan di vila pegunungan terpencil, namun ternyata dipaksa menghabiskan sisa hidup sebagai mainan hantu perempuan cilik yang penasaran. Sekalipun bergenre horor dan memberi sajian mengerikan dan mengejutkan, film yang tanpa bumbu adegan syur ini menyuguhkan akhir yang mengharu-biru dan berbeda dari kebanyakan film-film horor lainnya.
 

Tonton trailer

Download poster

Rilis terkait:

- Film Indonesia Raih Penghargaan Film Cerita Terbaik di Alaska, USA

- Sutradara Indonesia Raih Penghargaan Terbaik di AS

- Film Horor Indonesia Berjaya di Perancis

- Film Indonesia, Let's Play, Ghost Raih 5 Nominasi di Madrid International Film Festival, Termasuk Film Terbaik

- Film Indonesia Raih Gold Reel Award di Las Vegas

- Damien Dematra Gandeng Dorce Gamalama Garap Film Horor Dorce Vs Hantu

- Foto Syukuran Film Let's Play, Ghost Mendapat Penghargaan di AS

- Film Horor Indonesia Let's Play, Ghost! Dianugerahi 5 Penghargaan di AS

- Dorce Gamalama jadi Produser film Let's Play, Ghost Segera Rilis di Bioskop!