Profil Kegiatan Novel Buku Lukisan Fotografi Film Video Artikel Links

PRESS RELEASE

PENULIS PRODUKTIF DAMIEN DEMATRA
BERBAGI RAHASIA MENULIS LEWAT KURSUS DI TWITTER
 

(Jakarta, 5 Agustus) Gerakan Nasional Menulis (GNM) sebuah gebrakan terbaru dengan mengadakan: kursus menulis on-line lewat social media Twitter, yang diangkat dari buku berjudul Menulis Itu Gampang karya penulis multi-talenta Damien Dematra. Damien Dematra sendiri telah menulis sekurang-kurangnya 100 karya tulis yang telah terbit. Kursus ini dilaksanakan oleh Gerakan Nasional Menulis dan akan dimulai dari tanggal 15 Agustus 2013 sampai dengan 30 Agustus 2013. Peserta-peserta yang lulus ujian dengan nilai terbaik akan diberi kesempatan untuk diterbitkan karyanya oleh Gerakan Nasional Menulis.

Damien Dematra sendiri akan berbagi dengan para tweeps rahasia dan tips menulis dengan mudah dan cepat. Damien Dematra sendiri saat ini memegang rekor dunia sebagai penulis tercepat lewat buku Sejuta Hati untuk Gus Dur yang ditulis dalam waktu 3 hari 3 malam setebal 426 halaman, dan penulis buku tertebal di dunia setebal 5472 halaman memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Agatha Christie setebal 4032 halaman.

Cara mengikuti kursus ini sangat mudah, yaitu dengan: “Follow Twitter Damien Dematra dan add FB page Damien Dematra”. Untuk tahap pertama, kursus hanya akan dimulai lewat Twitter. Pada tahap selanjutnya, kursus akan dilakukan melalui Facebook. Sebelumnya, Gerakan Nasional Menulis pernah melakukan gebrakan dengan melakukan project mengajar menulis novel pada anak-anak SD. Pada waktu itu diadakan pelatihan yang dilakukan langsung oleh Damien Dematra, dan dilanjutkan dengan diterbitkannya karya-karya terbaik dalam sebuah novel yang diberi judul Messages to President Obama tahun 2010. Hal ini dilakukan bekerjasama dengan SD Asisi.

Project GNM lainnya adalah dilakukannya kerja sama dengan Yayasan Lupus Indonesia dengan mengajak para Odapus (Orang Hidup dengan Lupus). Setelah pelatihan dilangsungkan, dihasilkan karya yang menjadi rekor dunia, yang diberi judul Surat untuk Tuhan, sebuah novel dengan penulis terbanyak sejumlah 65 orang yang disahkan oleh Museum Rekor Dunia pimpinan Jaya Soeprana dan Royal World Record.

Misi dari GNM sendiri adalah menjadikan menulis sebagai gaya hidup dengan menggalakkan menulis di kalangan generasi muda. Diharapkan kursus online lewat Twitter ini dapat menginspirasi masyarakat untuk menulis dan menjadikan menulis sebagai sebuah tren baru. Sejauh ini sudah lebih dari 100 orang yang mendaftar, dan kursus ini tidak akan dipungut biaya sepeser pun.

HOME